Subscribe

Jumat, 09 Mei 2008

Hibernate Komputer


Ada kalanya Anda harus meninggalkan komputer dengan terburu-buru. Padahal banyak sekali aplikasi yang sedang berjalan dan belum Anda tutup. Anda tidak perlu khawatir meninggalkan pekerjaan di komputer. Gunakan saja fasilitas hibernate untuk meyakinkan Anda saat meninggalkan komputer, semua pekerjaan tadi akan dapat dilanjutkan meski komputer dimatikan.

Ketika Anda menyalakan komputer kembali, semua aplikasi yang Anda tinggalkan dalam keadaan terbuka, akan aktif kembali secara otomatis seperti saat Anda tinggalkan.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fungsi hibernate di PC Anda.
1. Klik kanan pada area Desktop yang kosong > Pilih [Properties].
2. Klik tab [Screen Saver] > Klik tombol [Power] pada bagian bawah.
3. Pada jendela yang baru muncul klik tab [Hibernate] > Kemudian check list pada pilihan [Enable hibernation] > Klik [OK] > Klik [OK] sekali lagi.
4. Kini fungsi hibernate di komputer anda telah diaktifkan. Untuk menjalankan fasilitas hibernate dapat dilakukan dengan cara berikut :
5. Klik menu [Start] > Klik [Turn Off Computer] akan tampil jendela Turn Off Computer.
6. Arahkan mouse Anda ke icon [Stand By].


7. Tekan tombol [Shift] pada keyboard, maka tulisan [Stand By] akan berubah menjadi [Hibernate].


8. Klik tombol [Hibernate].

Komputer akan dimatikan dan seluruh pekerjaan Anda yang tertinggal akan disimpan otomatis. Kemudian hidupkan kembali komputer anda. Lihatlah semua program yang anda buka dan seluruh pekerjaan anda masih ada seperti sebelum di matikan. Untuk dapat menjalan fasilitas hibernate ini maka ruang kosong di harddisk drive sistem anda minimal sama dengan jumlah memori (RAM) yang anda miliki. Tetapi fungsi hibernate ini tidak akan berfungsi apabila komputer Anda telah terinstall program DeepFreeze dan sedang aktif.

Tidak ada komentar: