Subscribe

Sabtu, 10 Mei 2008

Ubuntu 8.04 (Hardy Heron)


Nama Hardy Heron mulai terdengar, sejak Jono Bacon mengumumkan rilis berikutnya dari Ubuntu pada bulan Agustus tahun lalu.Hardy Heron yang merupakan nama lain atau code name dari Ubuntu 8.04 memang amat ditunggu kehadirannya sebagai kelanjutan dari eksistensi Ubuntu di dunia open source. Rilis Ubuntu 8.04 merupakan versi Long Term Support (LTS). Versi LTS yang pertama dari Ubuntu terdapat di Ubuntuk 6.06, dengan code name Dapper Drake. Dengan adanya LTS, para pengguna mendapatkan security update selama lima tahun untuk edisi server, sedangkan untuk edisi desktop mendapatkan security update selama tiga tahun.

Belum lama ini, Ubuntu Hardy Heron telah dirilis. Ubuntu 8.04 ini telah diluncurkan pada tanggal 24 April 2008. Bagi penggemar setia Ubuntu yang merasa kehilangan Ubuntu 6.10 LTS, kini sudah dapat men-download Ubuntu 8.04 pada situs-situs mirror yang ada. Salah satunya dapat Anda download melalui mirror lokal kambing.vlsm.org.

Beberapa fitur yang disertakan pada rilis Ubuntu 8.04, diantaranya integrasi dengan ActiveDirectory, dukungan iSCSI, memory protection, konfigurasi firewall yang mudah, dan integrasi dengan KVM. Untuk aplikasi, sudah disertakan aplikasi F-Spot photo manager, GIMP, dan XSane. Sedangkan untuk aplikasi Internet, sudah tersedia Pidgin instant messenger, Mozilla Firefox, Evolution, Ekiga, dan sebagainya.

Info : www.ubuntu.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ubuntu 8.04 hardy heron sekarang sudah hadir lo....................