Subscribe

Jumat, 09 Mei 2008

Reset Printer


Apakah printer anda tiba-tiba ngadat, tidak bisa di gunakan untuk nge-print, kedua lampu indikator menyala dan berkedip-kedip ? Itulah saatnya anda mulai mereset printer anda.

Satu hal yang mungkin sudah anda ketahui tentang reset printer adalah bahwa ongkos untuk melakukannya cukup mahal jika anda menyerahkan pekerjaan ini ke tukang servis printer. Sebenarnya jika mengetahui caranya, anda akan berpikir bahwa mereset printer merupakan pekerjaan yang sangat mudah dan tidak harus mengeluarkan biaya. Software yang digunakan untuk mereset printer adalah software gratis yang bisa didownload dari internet.

Selain menggunakan software, reset printer dapat pula dilakukan secara manual tanpa software meskipun hasilnya kurang maksimal.


Tanpa Menggunakan Software

Berikut ini caranya :
Cabut kabel power printer (kabel yang menghubungkan printer dengan listrik).
Tekan tombol “Power On”, tahan jangan dilepas, kemudian langsung pasang kembali kabel power printer. Setelah kabel terpasang, tombol “Power On” masih belum dilepas (masih ditekan) lalu tekan tombol “Resume” dua kali. Lepas semua tombol Power dan Resume. Sekarang anda sudah bisa menggunakan printer anda.

Kelemahan cara manual ini adalah bila kabel power dicabut/dilepas atau listrik padam, maka anda harus mengulangi prosedur di atas agar dapat menggunakan printer anda kembali. Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah dengan menggunakan Software Reset sesuai dengan jenis Printer yang akan di Reset.


Menggunakan Software

Untuk mendapatkan hasil reset yang permanen, satu-satunya cara adalah dengan menggunakan Software Resetter, dan software tersebut harus sudah terinstall pada komputer. Dengan kata lain, cara ini menggunakan komputer sebagai alat untuk menjalankan program reset tersebut.

Sebelum mereset, sebaiknya anda mengganti absorber atau busa yang terletak di dasar printer dengan terlebih dahulu membuka printer. Untuk menghemat biaya, sebenarnya anda hanya perlu membersihkan absorber tersebut tanpa harus menggantinya. Tapi kelemahan cara kedua ini, selain cukup merepotkan juga sedikit banyak mengurangi daya serap busa. Tetapi walaupun demikian, busa yang telah di bersihkan tetap bisa digunakan dengan cara mengeringkannya di tempat yang panas (dijemur).

Setelah kering, busa siap dipasang pada printer seperti semula. Langkah selanjutnya printer siap di reset menggunakan Software Reset sesuai tipe printer.

Berikut adalah langkah-langkah mereset printer :
1. Pastikan anda tahu merk printer anda dan serinya misalnya Canon Pixma IP1880 atau Epson C90.
2. Download software resetter sesuai tipe printer. Dengan mudah anda bisa mendapatkannya melalui Google, misalnya masukkan kata kunci seperti “Software Resetter+Canon IP1880” untuk printer Canon IP1880, atau ganti Canon IP1880 dengan merk printer anda.

Khusus untuk printer Epson, gunakan software SSC Service Utility yang dapat didownload di
http://www.ssclg.com/epsone.shtml. Software ini mendukung banyak seri printer Epson sehingga anda tidak perlu mencari yang sesuai dengan seri Epson anda.Pastikan printer anda dalam keadaan ON ketika melakukan reset, proses reset akan memakan waktu jadi bersabarlah, jika tidak berhasil ulangi lagi sampai berhasil.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Good article. But I want to add your article. Complete it. If anyone need for free download, adjustment program (mean : resetter) can visit and enjoy to download at, http://adjustmentprogram.com