Subscribe

Selasa, 27 Mei 2008

Ukuran Image VS Resolution


Untuk dapat menghasilkan image berkualitas tinggi, sangat penting bagi kita untuk mengerti bagaimana data pixel dari suatu image diukur dan ditampilkan. Detail image sangat hergantung pada dimensi pixel penyusunnya, sedangkan resolusi image menentukan seberapa besar ukuran image pada saat dicetak.

Pixel dimension adalah jumlah pixel sesuai panjang dan lebar dan suatu bitmap image. Ukuran display image pada layar monitor ditentukan oleh dimensi pixel dan image serta ukuran dari setting dan monitor.

Image resolution adalah jumlah pixel yang ditampilkan per-unit dari panjang suatu image, biasanya diukur dalam pixel per inch (ppi). Pada Photoshop, Anda dapat mengubah resolusinya dengan mudah.

Pada Photoshop, resolusi image dan ukuran pixelnya amat berhubungan satu sama lain atau saling bergantung. Di mana detail suatu image akan bergantung pada ukuran pixelnya, sedangkan resolusi image menentukan seberapa banyak ruang bagi pixel untuk ditampilkan. Sebagai contoh, Anda dapat rnengubah suatu resolusi image tanpa mengubah data pixel dan image tersebut untuk menentukan print size (ukuran cetak) dan image tersebut.

Pada saat mencetak, suatu image dengan resolusi tinggi mengandung lebih banyak pixel dibanding dengan image beresolusi rendah. Resolusi image yang lebih tinggi umumnya akan menghasilkan gambar yang lebih detail dengan transisi warna yang
lebih baik.

Menggunakan resolusi yang terlalu rendah untuk keperluan pencetakan/printing akan menyebabkan gambar pecah-pecah/kasar atau sering disebut dengan jagged edge. Menggunakan resolusi yang terlalu tinggi pun akan mengakibatkan ukuran file-nya besar sehingga proses persiapan pracetak menjadi lambat, namun hasilnya sudah barang tentu akan memiliki kualitas yang lebih baik.

Monitor resolution adalah jumlah pixel atau dot yang ditampilkan per unit dari panjang dan lebar suatu monitor, biasanya diukur dengan istilah dot per inch (dpi). Resolusi monitor bergantung pada ukuran dari monitor itu sendiri serta pengaturan pixelnya (pixel setting). Kebanyakan monitor yang ada saat ini memiliki resolusi sekitar 96 dpi.

Pemahaman ini dapat membantu Anda untuk menjelaskan mengapa ukuran image pada monitor sering berbeda dengan ukuran sebenarnya (ukuran cetaknya). Pixel- pixel dari suatu image ditranslasi langsung ke pixel monitor. Artinya, saat resolusi image lebih tinggi dari resolusi yang dimiliki monitor, maka image akan ditampilkan lebih besar dan ukuran image aslinya. Sebagai contoh, bila Anda menampilkan image berukuran 1 x 1 inci dengan dimensi pixel 144 ppi pada monitor dengan setting 72 dpi, maka image tersebut akan ditampilkan oleh layar monitor Anda dengan ukuran 2 x 2 inci. Hal ini karena monitor tersebut hanya bisa menampilkan 72 pixel tiap inci nya, dan dibutuhkan 2 inci untuk dapat menampilkan image 144 ppi.

Saat Anda mempersiapkan untuk menampilkan suatu image secara online (webpage yang akan dilihat dengan jenis ukuran monitor yang berbeda-beda), ukuran pixel menjadi suatu hal yang sangat penting. Gunakanlah ukuran monitor yang paling umum dengan dimensi pixelnya sekitar 800 x 600, sehingga bila pengguna memakai monitor ukuran 15 inci, ia masih dapat menampilkan jendela web browsernya.

Printer resolution adalah jumlah dot tinta per inch (dpi) yang dihasilkan oleh printer. Kebanyakan printer laser biasa memiliki ukuran resolusi 600 dpi. Printer ink jet menggunakan sistem kerja semprot (spray ink) dan bukan dot seperti pada printer laser. Umumnya printer jenis ini memiliki resolusi sekitar 300 sampai 720 dpi.

File size adalah merupakan ukuran digital dari suatu image yang menggunakan satuan kilobyte (KB), megabytes (MB), atau bahkan gigabytes (GB). Ukuran file berbanding lurus dengan jumlah pixel dari suatu image (pixel dimension). Images dengan jumlah pixel lebih banyak akan menghasilkan image yang kaya akan detail, tetapi file tersebut akan berukuran relatif lebih besar. Faktor lain yang mempengaruhi ukuran file adalah format dari file itu sendiri, seperti jpg, gif, png, tga, bmp, dan lain-lain.

Photoshop dapat memproses image dengan ukuran maksimum 300.000 x 300.000 pixel.

Tidak ada komentar: