Subscribe

Rabu, 07 Mei 2008

Konversi FAT32 Ke NTFS


Apabila file system harddisk Anda adalah FAT32 dan Anda ingin mengubah file system harddisk tersebut menjadi NTFS tanpa kehilangan data penting Anda adalah dengan cara konversi file system. Untuk melakukan konversi file system bisa dengan menggunakan software khusus untuk konversi seperti partition magic. Namun apabila Anda tidak memiliki software tersebut Anda dapat melakukannya melalui command prompt bawaan Windows XP Anda.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan, yaitu : Buka command prompt (konversi ke file system NTFS tidak bisa langsung dilakukan dari prompt drive aktif). Jadi kalau ingin mengconvert drive D harus dilakukan dari drive lain, misalnya C:\>Convert D: /fs:ntfs kemudian tekan enter. Tunggu proses convert sampai selesai, maka file system Anda telah berubah menjadi NTFS.

Kemudian kalau partisi yang dipakai buat booting juga tidak bisa diconvert langsung kalau operating system (OS) lagi jalan. Karena akan keluar pesan tidak bisa convert langsung, system harus direstart terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan convert.

Tidak ada komentar: